Halo semua para design thinking expert, gw tertarik banget dengan design thinking, dan ingin belajar dari suhu-suhu semua :)

Di kesempatan ini gw mau berbagi dikit dari apa yang pernah gw pelajari, terkait Etnografi (Studi kualitatif terhadap tingkah laku manusia), mengapa hal tersebut perlu kita gunakan dalam sebuah proses design thinking khususnya dalam Emphatize process?

Ini ada cerita IKEA yang bisa meraih sukses dengan Etnografi.
https://blog.experientia.com/ethnographic-research-drives-ikeas-global-success/
artikel aslinya ada di fortune.com, cuma gara-gara berbayar jadi gw lampirin blognya aja, hehe

Ada pepatah mengatakan Etnographyc "Helps moves us from "what our customer says" > To what they actually do"

Kadang kita tanpa sadar terjebak, "jump to conclusion" ketika melakukan research hanya berdasarkan apa yang user atau customer katakan waktu interview, "ooo saya merasa punya masalah A nih, sehingga saya ingin ada fitur B, C dong" tetapi tanpa kita sadari ternyata sebenarnya ada permasalahan atau akar permasalahan yang ternyata tidak tersampaikan (makanya kadang kita merasa yakin ada permasalahan A, eh waktu dikerjakan ternyata nggak valid :p ).

dari cerita IKEA, mereka bahkan sampai memasang kamera di rumah-rumah untuk memahami bagaimana tingkah laku orang dalam menggunakan sofanya, bagaimana karakter orang di setiap daerah yang bisa berbeda-beda, menerapkan etnografi untuk kesuksesan bisnis mereka.

Coba baca dulu ya, nanti gw share lagi terkait apa itu Ethnography, dan Ethnography VS Statistical User Analysis