Sobs,

Dalam menyelesaikan tugas pekerjaan, tentunya seringkali kita bekerja salam suatu tim.
Tim selalu mengejar target tertentu yang ingin dicapai dalam suatu periode waktu, karena hasil dari team tentunya ditunggu oleh user/customer/stakeholder.

Nah, bagaimana memastikan bahwa kita masih bekerjasama dg baik dalam mengejar target?

important vs urgent matrix
important vs urgent matrix

Yang sering kita alami adalah kita gagal menentukan prioritas, dan menganggap semua pekerjaan adalah prioritas. Bukankah jika kamu menganggap semua hal adalah penting, artinya hal tersebut tidak ada yg penting?

Nah, sebagai sebuah tim diperlukan kesepakatan untuk menentukan prioritas pekerjaan. Yaitu memprioritaskan hal yang dianggap importan dan urgent, karena kita memiliki batasan waktu.

Selanjutnya karena masing-masing anggota team adalah pribadi yang unik, bagaimana memastikan anggota team mengerjakan tugas masing-masing yg searah dan mengejar target yg sama?

spotify model autonomy
spotify model autonomy

Spotify memberikan tips agar team dapat cepat menghasilkan outcome, maka masing-masing personil diberikan autonomy sesuai kompetensi masing-masing. Karena saat ini kita adalah knowledge worker bukan lagi physical worker, jadi masing-masing personal bekerja secara self managed.
Selanjutnya harus dipastikan agar masing-masing member bekerja selaras dengan target yg ingin dicapai.

Sehingga diperlukan adanya metric dalam mengelola team, yaitu penggunaan OKR.
Objective adalah statemen target yang ingin dicapai berupa kalimat yg inspiring & challenging. Harapannya team dapat menampilkan usaha terbaiknya untuk kesuksesan tim.

Key Result adalah ukuran yang SMART (spesifik, measeureable, achieveable, relevant, timely) dan seringkali kita gunakan sbg lead metrics dalam pencapaian hasil akhir sebuah project team.

Jika kita mampu menentukan OKR project kita dalam waktu 3 minggu, maka proses review terhadap hasil akan cepat kita dapatkan. Proses retrospektif terkait kerjasama team juga cepat kita temu kenali.
Dengan proses iteratif, kita akan mudah mengenali pencapaian team dan secara sadar melakukan improvement terhadap kinerja team kita.

Jadi menurutmu, apakah penting penggunaan OKR untuk manajemen metriks bagi team kalian?

Β